May 23, 2012

    Skema Pemancar FM Mini WIRELESS

    berikut cara membuat dan Skema Pemancar FM Mini WIRELESS untuk menyalurkan hobi karaoke, bisa yang hobi elektro, daripada klo males beli mic wireless.
    Skema Pemancar FM Mini WIRELESS
    Pemancar ini bisa di range 50 meteran, 2 pemancar bisa menggunakan antena luar untuk dapat mencapai jarak tersebut. 2 pemancar bisa di coba menggunakan freq. yang berbeda. dengan memakai 2 buah baterai AA 3 volt, jarak pancar bisa jadi makin jauh.

    Pemancar FM Mini WIRELESS  ini bekerja pada Freq. 89Mhz, Radio pemancar A harus mencari sinyal dari pemancar B pada freq. tersebut… misal dua duanya harus pada posisi sama freq. 100Mhz. (Pecinta radio komunikasi mengenal istilah ini dengan nama “Duplex”, bedanya yang kami lakukan saat itu adalah komunikasi dua arah secara real time, seperti komunikasi menggunakan HP/Telepon…artinya tidak perlu bergantian untuk berbicara).
    bisa di gunakan memakai interkom beserta kabel yang di gulung. untuk ngobrol.
    Kelemahannya, siapapun yang kebetulan sedang tuning Radio dan berhenti di salah satu frequensi tersebut, bisa mendengarkan apa yang di bicarakan di dalam obrolan 2 interkom. tv tertentu juga kang tembus dan terganggu karena suara bisa nangkring di tv tertentu itu. makanya perlu hati hati.
    1 hal yang perlu di beri perhatian adalah komponen L1 atau kumparan induktor…L1 menggunakan inti udara, gunakan kawat email 0,5mm.. gulung sebanyak 2 gulangan dengan diameter 4 s/d 5 mm.
    Pemancar FM Mini WIRELESS 
    Daftar Komponen Pemancar FM Mini WIRELESS
    1. Resistor : R1 (270 ohm), R2 (4,7 Kohm), R3 (10 Kohm), R4 (100 Kohm), R5 (4,7 Kohm dan R6 (4,7 Kohm)
    2. Kapasitor : C1 (0,001 µF), C2 (5,6 pF), C3 (10 µF), C4 (10 µF) dan C5 (3-18 pF)
    3. Transistor : Q1 (2N2222) dan Q2 (2N3904)
    4. Induktor : L1 (2 lilitan kawat email 1 mm inti udara diameter 10 mm) dan L2 (5 lilitan kawat email 1 mm inti udara diameter 10 mm)
    5. Mikrofon
    6. Antena
    Mari kita perhatikan gambar di atas, suara yang diterima oleh microfon akan diubah oleh mikrofon menjadi sinyal informasi yang berbentuk sinusoidal. Sinyal ac ini kemudian diloloskan oleh C4 menuju basis Q2 untuk diperkuat. Nilai penguatan bergantung pada nilai R4 dan R5. Sinyal yang sudah diperkuat tersebut kemudian diloloskan menuju Q1 untuk kemudian dicampur dengan sinyal frekuensi tinggi. Transistor Q1 berfungsi untuk membangkitkan frekuensi tinggi sekaligus pencampur antara sinyal dari Q2 dengan sinyal frekuensi tinggi yang dihasilkannya sesuai dengan nilai dari C2, C5 dan L2. Kemudian sinyal yang sudah dimodulasi tersebut kemudian dipancarkan oleh antenna.
    dengan berbagai kelemahan dan kelebihanya. kalau tidak puas atau pengin yang siap pakai, ya beli saja pemancar fm murah di  markaspemancar.com
    sumber : http://elektronikmudah.blogspot.com/2012/03/pemancar-fm-mini-wireless.html - markaspemancar.com
                

    Terima Kasih Kunjunganya
    Judul: Skema Pemancar FM Mini WIRELESS
    Ditulis oleh rew
    Rating Blog 5 dari 5
    Comments
    1 Comments

    1 komentar:

    yogha gembong said...

    bos mau tnya, klau untuk memperkuat daya pncar wirelles mic gmana cranya, skalian skemanya

    Silahkan komentari: Skema Pemancar FM Mini WIRELESS demi kemajuan blog gratistutorialebook.blogspot.com.

    Post a Comment